Pages

Kamis, 15 Januari 2009

Musik


Musik. Ya, hal ini selalu ada dlm setiap kehidupan kita. Entah itu musik yang berirama merdu maupun hanya sekadar siulan. Emang saya tidak banyak tau tentang ilmu musik. Saya hanya menempatkan diri sebagai pengamat. setiap orang bisa jadi pengamat. Saya hanya membicarakan musik Indonesia. Selama saya hidup sampai sekarang musik yang digandrungi oleh masyarakat kita berubah-ubah. Ada kalanya dangdut merajai pasar. Tapi ada saatnya pula lagu pop meroket. Kalau ditanya tentang musik yang menguasai pasar saat ini, tentu smua juga tau. Melayu, itulah musik yang tengah populer saat ini.Hampir smua orang tidak percaya dengan kemunculan Kangen Band. Band asal Lampung ini muncul bagai virus yang menjalar. Hanya bermodal tampang pas-pasan, dari keluarga miskin, dan lagu beraroma melayu yang liriknya lugas banget band ini bisa terkenal sejajar dengan band-band papan atas lainnya. Tahun 2007 bisa disebut sebagai tahun kejayaan band yang mengeluarkan single pertamanya yang berjudul Tentang Aku, Kau, dan Dia ini. Liriknya yang lugas abis emang sangat beda yang kebanyakan band-band yang umumnya menggunakan lirik yang denotasi kayak Peterpan.

Hasilnya banyak band-band yang beraliran melayu bermunculan di tahun 2007 dan 2008. Selain itu muncul pula band yang beraliran rock dan pop. Kurun waktu 2 tahun inilah band Indonesia berjaya. Diperkirakan tahun 2009 ini band kembali berkuasa.

J-Rocks

Denger namanya aja udah tau klo band ini beraliran rock. Band ini muncul saat menjadi juara di Nescafe Get Started 2004 dan mengalahkan 2 band saingannya di final yaitu B-Five (Makassar) dan Cool Khas (Jogjakarta). Pertama kali band ini melemparkan lagu Lepaskan Diriku sebagai hits andalannya. Album pertama ini diproduseri oleh Bongky (BIP) dan Uji (ex The Brur). Bagi orang yang mengidolakannya tentu kurang enak dengan musuh band ini. Mereka menganggap band ini hanya mengopi band Jepang seperti Laruku. Tpai nyatanya mereka hanya terdiam saat meliat penampilan J-Rocks yang bagus banget. Jujur pertama kali saya denger lagunya masih biasa-biasa aja. Tapi ketika video klip Cobalah Kau Mengerti keluar, saya mulai suka ama band yang terinspirasi dari Laruku (band rock asal Jepang) ini. Awalnya nama band ini ialah J-Rockstar tapi karna kepanjangan jadinya disingkat jadi J-Rocks. J-Rockstar sendiri jadi nama fans mereka. J-Rocks berasal dari kata Japanese Rock otomatis lagu-lagunya beraliran rock tapi tidak semua. Bahkan ada yang beraliran klasik. Coba aja dengerin lagu yang berjudul Berharap Kau Kembali. Selain musiknya yang menyentuh banget, syairnya juga dahsyat abiz. Meski terkesan lugas dan apa adanya tapi sip banget. Tipe musik pada tiap lagu berbeda-beda. Ada yang keras banget tapi ada juga yang melow. Sebenarnya saya suka smua lagu J-Rocks tapi yang paling menyentuh ialah Berharap Kau Kembali. Tapi untuk lagu lainnya saya acungkan jempol dech. Pokoknya sip banget.
Mengenai personil J-Rocks, tentu kita terfocus pada vokalisnya. Vokalis yang punya nama lengkap Iman Taufiq Rahman ini lahir tanggal 19 Juli 1982. Iman ini sebenarnya bukan vokalis J-Rocks tapi ia cuma kepaksa jadi vokalis karna g'ada yang mau. Sebenarnya ia berada di gitaris. Tapi meski cuma kepaksa toh hasilnya TOP BGT kan?? Iman tu punya suara yang menurut saya aduhai. Kerenzzzzz.Lain lagi dengan Anton (drummer) yang punya nama lengkap Anton Rudi Kelces ini. Saya akui ia yang paling OK bodynya di antara yang lain. Lagian ketukan drummer yang lahir tanggal 17 Agustus 1982 itu berseni banget. Menurut survey di lapangan (maksudnya di lingkungan sekolah) Anton inilah yang paling banyak diidolakan oleh fanz J-Rocks cewek. Personil J-Rocks yang lain jangan iri ya. He he he.. Ngomongin personil yang paling senior ini, kita tentu kagum ma ia. Tanpa Wima (basis), musik J-Rocks g'mungkin hidup. Hantaman bassnya itu yang bikin musik J-Rocks jadi lebih baik. Wima yang lahir tanggal 29 November 1981 ini punya nama lengkap Swara Wima Yoga. Personil lainnya ialah Sony. Gitaris yang punya nama lengkap Sony Ismail Robbayani ini sering pake kacamata hitam. Inilah personil J-Rocks yang paling ganteng (versi saya lo ^_^ ) Performancenya yang terbaik ketika video klip terbaru yaitu Falling In Love. Sony jadi modelnya. Wuih!!! Mukanya putih banget. Senyumnya juga cool. Slain itu ketika video klip Meraih mimpi, Sony tampil dengan baju biru yang buat ia gagah.

Ungu




Saat ini ungu punya lima personil yaitu Enda, Oncy, Pasha, Makki dan Rowman. Slama ini Ungu selalu gonta ganti personil dan akhirnya membentuk formasi kayak sekarang. Makki (bassis) merupakan personil terlama di Ungu. Makki yang lahir tanggal 23 Oktober 1971 ialah salah satu perdiri Ungu. Kebanyakan para fans suka dengan personil yang paling muda kayak Oncy. Oncy yang punya nama asli Arlonsy Miraldi ini lahir tanggal 2 Oktober 1981. Oncy baru gabung dengan Ungu pada tahun 2003. Waktu itu Ungu cuma punya satu gitaris yakni Enda. Untuk gitaris 2 Ungu sering nyewa pemain luar. Nah, Oncy lah yang sering ikut main dengan Ungu sehingga diajak gabung dengan Ungu. Anggota lainnya ialah Rowman yang megang drum. Saya tidak tau banyak tentang Rowman ini. Cuma saya tau nama aslinya M. Nur Rohman dan lahir tanggal 9 Januari 1974.

Setiap band pasti punya vokalis yang dapat dijual. Ungu punya Pasha yang sebagian orang bilang bahwa ia tu cocok banget jadi vokalis Ungu. Lagian cowok yang punya nama asli Sigit Purnomo Syamsudin Said ini punya ciri khas pada suaranya. Hal itu g'bisa diungkapkan dengan kata-kata dech. Meski ia udah punya isteri dan anak toh Pasha tetep jalan di Ungu. Akhir tahun 2008 ia punya masalah pada rumah tangganya. Moga aja Pasha yang kelahiran 27 November 1979 ini bisa nyelesainnya. Kita doakan aja. Nah personil yang paling gagah di Ungu ialah Enda ( menurut saya ^_^). Meski agak kurusan tapi ia punya talenta yang lebih. Tengok aja, hampir semua lagu ungu yang terbaru dibikin oleh Enda. Emang sich Oncy juga bikin lagu (salah satunya Cidaha yang keren abiz) tapi bandingin aja porsinya. Masih banyakan Enda kan??? ( Bisa-bisa fans Oncy ngamuk nih), Okey.. Untuk lagu yang romantisnya selangit kayak Cidaha dan Tercipta Untuk Q, Oncy jagonya.Enda yang saya tau lahir tanggal 4 Maret 1978 udah punya istri dan anak cewek. Sekilas diliat sosok Enda emang agak kurusan. Mungkin tu karena ia mantan pecandu. Tapi kan semua manusia berhak untuk berubah. So, jangan permasalahkan masa lalunya. Dulu Enda pas lagi sulitnya, ia ngamen untuk beli 'itu'. Makki dan Pasha lantas ngajak ia untuk gabung ma ungu. Kemunculan Enda di ungulah yang mengubah nasibnya. Enda masuk di ungu untuk ganti'in Ekky gitaris ungu yang hengkang karna alasan khusus. Setau saya,candu kan susah untuk dihilangin tapi katanya air wudhulah yang nyembuhinnya. Biarkan masa lalunya buruk tapi Enda tetep yang terbaik. Ya kan???. Buat kalian yang ngaku fansnya ungu, kunjungi aja blog ungu. Udah tau kan alamatnya?



0 komentar:

Laruku

Laruku
Eeeem

Manis kan,,

Manis kan,,
Ne band yang paling q senengin saat ne.. Abiznya musiknya top abiz. Klo ga percaya, coba aza dengerin. Jangan ngaku suka musik klo ga suka ma band ne..